Selasa, 10 April 2012

Ujian Tengah Semester 2011/2012

7 komentar:

  1. 1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.

    BalasHapus
  2. Bicara tentang paedagogi modern pastinya tidak terlepas dari kata paedagogi tradisional, kenapa?? Menurut saya, itu dikarenakan paedagogi modern itu didapat dari perkembangan psikologi tradisional.
    Menurut saya, yang membuat keduanya berbeda adalah konsepnya, paedagogi tradisional terlihat hanya membicarakan seni mengajar, yang seolah membicarakan tentang guru, sedangkan paedagogi modern mengamit dimensi seni, teori, dan praktik mengajar dan belajar, sebagaimana seharusnya, arti dari paedagogi.

    Jika dihubungkan dengan proses pembelajaran yang didapatkan selama perkuliahan, menurut saya proses pengajaran yang dilakukan pada mata kuliah paedagogi termasuk ke paedagogi madern. Disini Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan mereka dengan belajar dari sekeliling mereka tetapi tetap dalam batasan monitoring pendidik. Jika dalam kiasannya, dosen hanya memberi umpan kepada mahasiswa, dan mahasiswalah yang melanjutkannya.

    BalasHapus
  3. 2. jelaskan tentang konsep micro teaching kelompok adinda. Kemudian sertakan kajian teori yang mendukung menurut pendapat pribadi anda.

    BalasHapus
  4. Konsep Micro Teaching Kelompok 3
    Anggota Kelompok 3:
    1. Sri Rizki Amanda (10-017)
    2. Wieny Delvonia (10-032)
    3. Irene Anastasya (10-041)
    4. Fatimah Lubis (10-050)
    5. Nurul Mukhlisah (10-117)
    6. Rocky Sihite (10-124)

    1.Landasan Teori

    Mengajar berasal dari kata “ajar”, yang bermakna memberi petunjuk atau menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, dan sejenisnya kepada subjek tertentu untuk dapat diketahui atau dipahami. Mengajar bermakna tindakan seseorang atau tim dalam memberi petunjuk atau menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, dan sejenisnya kepada subjek didik tertentu agar mereka mengatahui dan memahaminya sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Ada beberapa elemen-elemen umum yang terlibat dalam semua kativitas terkait dengan kegiatan mengajar, yaitu meliputi tujuan, bahan ajar, interaksi guru-siswa dengan perekat kemampuan pengelolaan kelas, dan evaluasi, dengan hasil belajar sebagai produknya.
    Berkaitan dengan definisi mengajar, ada prinsip-prinsip paedagogi yang memandu kegiatan proses pembelajaran. Salah satu prinsip yang digunakan adalah proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan kesatuan dan hubungan antara kondisi manusia: kemungkinan mengetahui dunia sekitarnya dan dunianya senndiri, serta pada saat yang sama perasaan dan tindakan kemungkina menjadi terpengaruh oleh dunia itu. Hal ini sesuai dengan tema yang kami ambil untuk kegiatan micro teaching : “Kebudayaan”, dimana anak kami ajak untuk mengenal lingkungan sekitar (negaranya) melalui kebudayaan yang ada di Indonesia, seperti menyanyikan lagu daerah, mendengarkan legenda dari suatu daerah dan dapat memetik pesan/amanat dari legenda tersebut, selain itu anak juga bisa mengenal dirinya sendiri dengan menerapkan pesan/amanat dari legenda yang disampaikan.

    2. Lokasi

    TK NURMALA, Jalan Yos Sudarso

    3. Waktu

    19 April 2012

    4.Rencana Kegiatan

    - Pembukaan yang dibawakan oleh Guru TK, dan Perkenalan
    - Nyanyi bersama (Lagu Daerah)
    - Cerita Legenda
    - Evaluasi dari cerita legenda
    - Nyanyi sebagai penutupan
    - Pembagian hadiah untuk anak-anak

    5. Perlengkapan

    - Kamera
    - Alat tulis
    - Hardcopy legenda
    - Laptop
    - Gitar

    6. Rincian Biaya

    - Reward, total : Rp 114.500,00,
    Berupa :
    a. Susu UHT 1 Dus Rp 84.000,00
    b. 1 Tango Kaleng Rp 27.500,00
    - Ongkos : @Rp 6000,00 x 6 = Rp 36.000,00 (Pergi-Pulang)
    Jumlah : Rp 150.000,00

    Sedangkan menurut saya sendiri, saat waktu mengajar sudah berjalan maka pedagogi modern dan prinsip-pronsip paedagogi itu sangat kuat dan membatu kami dalam menjalanin micro teaching ini. Dimana anak-anak belajar supaya aktif, kreatif dalam mendengar dan mengetahui tentang kebudayaan (cerita lengeda) yang kami sampaikan.

    BalasHapus
  5. 3. Coba jelaskan lebih detail berkaitan dengan kalimat berikut : "Salah satu prinsip yang digunakan adalah proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan kesatuan dan hubungan antara kondisi manusia"

    BalasHapus
  6. Sekilas, Pedagogis bermakna sebagai salah satu proses studi paedagogi. pedagogis bermakna dan bersifat mendidik, makna lebih luas dari pedagogis adalah sadar terhadap arah dan tujuan dan ciri dasar dari proses paedagogi.

    Membahas tentang prinsip pedagogis, menurut Fatima Addine(2001), prinsip hubungan sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting yaitu kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia. Jadi menurut pendapat saya tentang prinsip yang digunakan adalah proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan kesatuan dan hubungan antara kondisi manusia maksudnya, setiap konten pembelajaran yang diambil di sekolah harus berguna dalam kehidupan sehari-hari, kini, dan kelak, dan juga, harus memperhatikan kekhususan atau keunikan seseorang yang membedakan seorang satu individu dengan yang lain, dan memiliki hak untuk dipertimbangkan dan dihormati juga.

    BalasHapus
  7. Remedial soal no.2:

    Diawal kami memulai konsep micro teaching pada kelompok kami, kami sepakat memilih mempraktekkan pengajaran pada anak-anak TK. Selain karena biasanya di setiap kelas di TK itu jumlahnya tidak terlalu ramai, kami juga mempertimbangkan kemampuan kami yang masih sangat baru dalam hal ini,
    Disini kami memulai dengan kata mengajar. Mengajar berasal dari kata “ajar”, yang bermakna memberi petunjuk atau menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, dan sejenisnya kepada subjek tertentu untuk dapat diketahui atau dipahami. Mengajar bermakna tindakan seseorang atau tim dalam memberi petunjuk atau menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, dan sejenisnya kepada subjek didik tertentu agar mereka mengatahui dan memahaminya sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Ada beberapa elemen-elemen umum yang terlibat dalam semua kativitas terkait dengan kegiatan mengajar, yaitu meliputi tujuan, bahan ajar, interaksi guru-siswa dengan perekat kemampuan pengelolaan kelas, dan evaluasi, dengan hasil belajar sebagai produknya.
    Berkaitan dengan definisi mengajar, ada prinsip-prinsip paedagogi yang memandu kegiatan proses pembelajaran. Salah satu prinsip yang digunakan adalah proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan kesatuan dan hubungan antara kondisi manusia: kemungkinan mengetahui dunia sekitarnya dan dunianya senndiri, serta pada saat yang sama perasaan dan tindakan kemungkina menjadi terpengaruh oleh dunia itu. Hal ini sesuai dengan tema yang kami ambil untuk kegiatan micro teaching : “Kebudayaan”, dimana anak kami ajak untuk mengenal lingkungan sekitar (negaranya) melalui kebudayaan yang ada di Indonesia, seperti menyanyikan lagu daerah, mendengarkan legenda dari suatu daerah dan dapat memetik pesan/amanat dari legenda tersebut, selain itu anak juga bisa mengenal dirinya sendiri dengan menerapkan pesan/amanat dari legenda yang disampaikan.
    Dengan mengambil lokasi di TK Nurmala di jln. Yos Sudarso tanggal 19 april 2012
    Rencana Kegiatan
    - Pembukaan yang dibawakan oleh Guru TK, dan Perkenalan
    - Nyanyi bersama (Lagu Daerah)
    - Cerita Legenda
    - Evaluasi dari cerita legenda
    - Nyanyi sebagai penutupan
    - Pembagian hadiah untuk anak-anak
    Perlengkapan
    - Kamera
    - Alat tulis
    - Hardcopy legenda
    - Laptop
    - Gitar
    Rincian Biaya
    - Reward, total : Rp 114.500,00,
    Berupa :
    a. Susu UHT 1 Dus Rp 84.000,00
    b. 1 Tango Kaleng Rp 27.500,00
    - Ongkos : @Rp 6000,00 x 6 = Rp 36.000,00 (Pergi-Pulang)
    Jumlah : Rp 150.000,00

    Sedangkan menurut saya sendiri, dalam menjalani kegiatan ini, pendidik harus mampu berkomunikasi dengan siswanya mampu memotivasi dan dapat mengasah kemampuan serta kreativitas mereka. Dan saat waktu mengajar sudah berjalan maka pedagogi modern dan prinsip-pronsip paedagogi itu sangat kuat dan membatu kami dalam menjalanin micro teaching ini.

    BalasHapus